Close Klik 2x

Cara Mempercepat Kinerja Laptop/Komputer dengan Mudah

Cara Mempercepat Kinerja Laptop/Komputer dengan Mudah - Untuk kali ini Lapkom akan sharing tentang cara memaksimalkan kinerja komputer anda agar tidak lemot atau lola. Komputer atau laptop yang sedang lambat prosesnya memang membuat kita tidak sabar menunggu, kenapa ya setiap komputer atau laptop baru di install OS masih bisa cepat kinerjanya, tapi ketika lama kita pakai akan lemot dan sangat lambat sampai-sampai hank, wah bahaya tuh.

Mengatasi permasalahan tersebut Lapkom akan berbagi tips menghindari komputer atau laptop anda lebih cepat kinerjannya dari semula. Nah Berikut kita simak beberapa tips memaksimalkan kinerja komputer atau laptop :


1. Matikal aplikasi yang tidak penting. Jika anda sedang memakai atau menyalakan komputer silahkan cek aplikasi yang sedang berjalan, dan tutup aplikasi anda yang tidak penting dengan cara tekan ( ctrl+Shift+Esc ) akan muncul seperti gambar di bawah.


Kemudian pilih aplikasi yang tidak penting kemudian klik "End Task".

2. Disk Clean Up pada Hardisk. Ketika windows baru di install registry,cache,dan cookies masih blom ada, tapi setelah anda pakai untuk browsing dan lainnya semua itu akan menumpuk di hardisk anda yang akan membuat kinerja komputer/laptop menurun. Nah jadi silahkan hapus itu semua agar kinerja komputer maksimal. caranya sebagai berikut :

Klik start - all program - pilih accesories - system tool - dan Disk Clean Up.


Setelah itu akan tampil gambar seperti di atas, pilih partisi / disk yang akan anda bersihkan dan ok.
Nah kemudian centang semuanya dan klik ok.

3. Defragment Pada Hardisk Anda. Apa tujuan dari defrag hardisk? defrag hardisk yaitu bukan membersihkan ataupun menghapus file, melainkan menata ulang berkas-berkas yang ada pada hardisk agar si komputer/laptop bisa dengan mudah membacanya, jadi kinerjanya akan meningkat. Untuk defragment lakukan secara berkala seperti sebulan sekali atau 2 minggu sekali lebih bagus. caranya sebagai berikut :


Klik start - all program - accesories - klik system tool dan Disk Defragmenter.
Setelah itu akan muncul seperti gambar di atas. Pilih partisi mana yang ingin di defrag dan klik defrag lalu tunggu hingga prosesnya berahir.

4. Hapus Recent Places. Racent place merupakan histori atau jejak kita memakai komputer atau laptop yang akan di simpan di sana. Memang itu tidak penting dan harus di bersihkan untuk memaksimalkan kinerja komputer. Caraya sebagai berikut.


Masuk pada my computer - klik Recent place - hapus semua file.

5. Download Software Pembersih Ccleaner. Software ini akan membantu anda membersihkan sampah pada komputer anda hingga kinerjannya meningkat. Anda akan di mudahkan untuk membersikkannya dengan software ini dan ini adalah software gratis. silahkan download disini.

6. Lakukan Restart. Melakukan restart akan meningkatkan kinerja laptop atau komputer anda, jika terjadi hang atau komputer mulai lemot lakukan restart karena akan merefresh komputer anda, dan proses berjalan lancar kembali.

7. Minimalkan Startup. Aplikasi yang tidak penting akan menambah beban pada proses berfikir komputer atau laptop anda, jadi pastikan program/aplikasi yang penting saja yang berjalan pada awal komputer/laptop menyala (startup). caranya sebagai berikut :


Tekan pada keyboard anda "windows" + "R" secara bersamaan - ketik “msconfig” - Tekan "ok" - lalu pilih startup dan hilangkan centang aplikasi yang tidak penting seperti gambar di atas.

Itulah beberapa tips dari lapkom semoga komputer atau laptop anda bisa lebih cepat kinerjannya. selamat mencoba dan jika ada pertannyaan atau tambahan silahkan komentar di bawah. Terimakasih banyak atas kunjungan anda.